Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuka Kunci Pola Android yang Kelupaan

  Memiliki smartphone Android kini bukan menjadi hal yang mewah lagi. Penggunaan smartphone Android kini sudah menjamur di berbagai kalangan. Bahkan beberapa orang memanfaatkan kecanggihannya tidak sekedar untuk keperluan komunikasi, melainkan juga digunakan untuk menyimpan data-data penting. Oleh karena itu, tidak sedikit orang melindungi privasinya dengan memberikan password pada smartphonenya, baik berupa PIN, maupun berupa password dan pola.

Namun, tidak jarang orang lupa kunci pola yang mereka gunakan untuk melindungi smartphonenya. Hal ini menyebabkan mereka tidak dapat mengakses smartphonenya lagi. Tidak perlu bingung untuk mengatasi hal tersebut. Berikut merupakan beberapa cara membuka kunci pola Android bagi penggunanya yang merasa kelupaan.

Cara Membuka Kunci Pola Android

Reset password via “Forgot Password”

Cara yang satu ini dapat digunakan dengan catatan smartphone yang bermasalah tersebut masih terhubung dengan akun google Anda dan terkoneksi dengan internet. Langkah-langkah yang perlu ditempuh antara lain tap forgot password, kemudian masukkan username dan password google Anda, dan tap sign in.

Reset password pada Smartphone tanpa koneksi internet

Cara membuka kunci pola pada Android yang satu ini dilakukan pada smartphone tanpa koneksi internet. Langkah ini dilakukan dengan bantuan dua buah smartphone. Cara yang bisa ditempuh adalah dengan membuat panggilan kepada smartphone yang terkunci. Kemudian, jawab dan jangan tutup terlebih dahulu. Selanjutnya tekan tombol home dan pergi ke menu setting untuk menyalakan koneksi data. Hal ini digunakan untuk sign in pada google dengan menggunakan cara yang pertama.

Factory Reset

Factory Reset ialah proses dimana mereset semua data pada telepon termasuk kunci pola smartphone. Langkah pertama adalah mematikan smartphone terlebih dahulu. Setelah dipastikan mati, selanjutnya tekan tombol power yang dikombinasikan dengan tombol volume up dan tombol home bebarengan dan tahan beberapa saat hingga menu recovery muncul. Pada menu Recovery Anda bisa memilih wipe data/factory reset. Navigasikan pilihan antar menu menggunakan tombol volume up dan down. Untuk memilih sebuah menu tekan tombol home. Setelah factory reset selesai dilakukan, Anda perlu me-reboot smartphone Anda agar proses reset diselesaikan dengan baik.

Menggunakan situs Findmydevice

Cara menmbuka kunci pola selanjutnya yang terbilang cukup efektif adalah menggunakan situs findmydevice. Cara ini sangat cocok untuk smartphone dengan versi Android 5.0 (Lolipop) ke atas. Pertama-tama kunjungi situs findmydevice.com, lalu masuklah dengan akun google Anda. Selanjutnya pilihlah smartphone yang ingin direset passwordnya. Langkah selanjutnya adalah dengan memilih opsi “Lock” pada panel sebelah kiri. Setelah itu Anda akan diminta untuk memberikan password baru dan mengkonfirmasinya, catatlah password tersebut bila diperlukan. Sekarang barulah masukkan password yang baru Anda buat pada Android Anda.

Menggunakan Samsung Find My Device

Cara membuka kunci pola  yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki smartphone Samsung. Syaratnya Anda harus sudah membuat Samsung Account dan mengaktifkan find my mobile. Selain itu, smartphone yang ingin di buka kunci polanya harus terhubung ke internet. Pertama, Anda harus mengunjungi situs findmymobile.samsung.com dengan menggunakan komputer atau laptop. Selanjutnya pilih device yang akan direset kunci polanya. Buka panel pilihan di samping dan klik Unlock my device. Kemudian, Anda bisa membuka kunci pola dengan menggunakan password akun samsung Anda.

Itulah beberapa opsi cara membuka kunci pola pada smartphone Android Anda yang pola kuncinya tidak sengaja terlupa. Anda bisa memilih cara yang paling sesuai dengan keadaan Anda, dan selalu ingat untuk melakukannya dengan penuh hati-hati. Selamat mencoba

Post a Comment for "Cara Membuka Kunci Pola Android yang Kelupaan"