Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Panik! Ini Cara Perbaiki HP Terkena Air

  Ponsel Android tercebur air atau terkena air? Tentu Anda pasti akan dibuat panik karena khawatir ponsel akan mati total. Ada banyak kasus yang menyebabkan HP terkena air seperti terkena air hujan, jatuh di genangan air maupun tidak sengaja terendam air. Android yang terkena air bahkan terendam air memang minim sekali kemungkinannya untuk bisa diperbaiki. Karena beberapa kerusakan yang mungkin terjadi saat ponsel Anda terkena air yaitu HP mengalami mati total, ponsel bisa menyala namun tidak normal serta layar ponsel yang mengalami blank. Namun, bukan berarti tidak ada kemungkinan untuk menyelamatkan Android yang terkena air. Ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan sebagai pertolongan pertama cara perbaiki HP terkena air.

5 Cara Perbaiki HP Terkena Air Sebagai Pertolongan Pertama

  • Segera Ambil Ponsel

Jika ponsel Anda terendam di air atau hanya sekedar terkena air hujan, segera ambil ponsel dan jangan biarkan terlalu lama terpapar air yaitu dengan segera mengelap HP dengan tisu sebelum melakukan penanganan selanjutnya. Ini sebagai bentuk pertolongan pertama agar air tidak terlalu banyak yang masuk ke komponen ponsel.

  • Lepaskan Komponen HP

Cara perbaiki HP terkena air yang pertama adalah dengan melepaskan komponen HP. Sesaat setelah ponsel Anda terkena air atau terendam air sesegera mungkin matikan ponsel dan lepas semua komponennya mencakup baterai, memori card dan SIM card. Ini bertujuan untuk meminimalisir kerusakan akibat HP mengalami konslet. Perlu diingat, jangan coba-coba menyalakan HP jika komponennya masih basah dan belum benar-benar kering. Jika memiliki peralatan yang memungkinkan bisa membongkar bagian dalam HP dengan membuka scrup pada casing.

  • Fokus Pada LCD

Setelah Anda membongkar HP, fokuslah pada LCD dan bersihkan sesegera mungkin terlebih dahulu. Karena komponen LCD yang paling mudah rusak apabila terkena air. Ini karena pada LCD mengandung komponen filament yang rentan terhadap air dan jika tidak segera dibersihkan bisa menimbulkan flek hitam pada LCD. Setelah itu bersihkan komponen HP yang lain bisa dengan menggunakan hair dryer. Bisa juga dengan dijemur di bawah sinar matahari selama 1-2 jam atu secukupnya saja. 

  • Rendam Dalam Beras

Untuk mengeringkan komponen HP bisa direndam dengan beras. Beras memiliki sifat elektrostatis yang dapat menyerap air melalui celah-celah kecil. Rendam komponen HP selama 1-2 hari untuk memaksimalkan pengeringan. Cara ini bisa digunakan pada kasus HP yang tidak hanya terkena air saja, namun benar-benar terendam air. Tujuannya untuk benar-benar memastikan tidak ada air yang tersisa di celah-celah kecil.

  • Rakit Kembali Ponsel

Setelah dirasa proses pengeringan cukup, maka Anda bisa merakit kembali ponsel seperti semula. Cobalah untuk menyalakan ponsel Anda apakah bisa hidup kembali atau tidak. Jika tidak menyala ada kemungkinan baterai habis, jadi jika memungkinkan charger ponsel Anda terlebih dahulu untuk benar-benar memastikan bahwa ponsel sudah terisi baterai. Jika bisa menyala berarti cara penyelamatan yang Anda lakukan sudah berhasil. Namun jika ponsel Anda masih tidak bisa menyala berarti memang ada komponen ponsel yang mengalami kerusakan. Sehingga solusi terakhir cara perbaiki HP terkena air yaitu dengan membawa ke servis HP untuk penanganan lebih lanjut.

Itulah cara perbaiki HP terkena air yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk pertolongan pertama saat ponsel Anda terkena atau terendam dalam air. Meskipun kemungkinan ponsel bisa normal kembali sangat kecil, namun cara ini sangat ampuh untuk kasus HP yang terkena air tidak terlalu banyak.\

Post a Comment for "Jangan Panik! Ini Cara Perbaiki HP Terkena Air "